BTL semua, Berkas Naik Pangkat ke Golongan IV/b Guru Barito Timur
Berkas Tidak Lengkap

By JUMAKIR, S Pd., MM 15 Sep 2021, 06:52:22 WIB Barito Timur
BTL semua, Berkas Naik Pangkat ke Golongan IV/b Guru Barito Timur

Gambar : dok.pribadi


BTL semua, Berkas Naik Pangkat ke Golongan IV/b Guru Barito Timur

KANGJO.NET, Tamiang Layang. Berdasarkan informasi dari BKPSDM Kabupaten Barito Timur, bahwa semua berkas kenaikan pangkat bagi Guru Kabupaten Barito Timur yang naik pangkat dari golongan IV/a ke Golongan IV/b dinyatakan Berkas Tidak Lengkap (BTL).

Menurut Jumakir, S.Pd., MM yang sering dipanggil Kangjo mengatakan, “BTL bagi Guru yang naik pangkat ke Golongan IV/b, dikarenakan Tidak Melampirkan Artikel yang dimuat di Jurnal Ilmiah”. Ada 10 berkas Guru yang mau naik pangkat ke Golongan IV/b di Kabupaten Barito Timur, yang seluruhnya BTL.

Masih menurut Kangjo yang juga sebagai Tim Penilai Angka Kredit Guru Kabupaten Barito Timur ini, mengatakan, “Sebetulnya persyaratan ini sejak Tahun 2010, tetapi BKN Banjarbaru baru mulai memberlakukan mulai Kenaikan Pangkat per Oktober 2021”.

Berdasarkan Pernegpan RB No. 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, untuk dapat naik pangkat ke golongan IV/b bagi guru harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Nilai Sertifikat Diklat minimal sebesar 4 Angka Kredit (AK)
  2. Nilai Publikasi Ilmiah/ Karya Inovatif minimal sebesar 12 AK (Terdiri dari minimal 1 karya tulis hasil penelitian Tindakan, minimal 1 Artikel yang dimuat pada Jurnal Ilmiah/Pendidikan ber-ISSN)
  3. Nilai minimal Unsur Utama 80%
  4. Nilai Maksimal Unsur Penunjang 20%
  5. Total Nilai AK Kenaikan pangkat ke IV/B sebesar 550 AK

Sebagian besar Guru terkendala pada point nomor 2, yaitu minimal 1 Artikel yang dimuat pada Jurnal Ilmiah/Pendidikan ber-ISSN. Hal ini karena untuk menerbitkan Artikel ke dalam Jurnal tidak mudah. Apalagi belum ada Jurnal Pendidikan/Ilmiah yang terbit di Kabupaten Barito Timur.

Kangjo mempunyai cita-cita melalui organisasi Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten akan menerbitkan Jurnal sendiri, yang bertujuan untuk membantu para guru yang akan naik pangkat ke Golongan IV/b ke atas. “SDM di Kabupaten Barito Timur cukup mampu, untuk membuat Jurnal ber-ISSN” ujar Kangjo. (ISSN-Internasional Standar Serial Number-Red)

“Alhamdulillah, sampai hari ini (Senin, 14 September 2021-Red) ada 3 orang Guru dari 10 guru yang telah berhasil melengkapi Berkas Naik Pangkat yaitu dengan melampirkan Jurnal tersebut dan sudah diteruskan ke BKN” menurut Kangjo.

Bagi para guru ingin contoh Artikel yang dimuat di Jurnal Ber-ISSN dapat mendownload di https://www.kangjo.net/download




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment