10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Getah Gambir bagi Tubuh Kita
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 18:30:47 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Getah Gambir bagi Tubuh Kita

Gambar : https://www.khasiat.co.id/getah/gambir-2.html


10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Getah Gambir bagi Tubuh Kita

KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Tanaman gambir merupakan tanaman yang memiliki nama latin uncaria gambir roxb. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah Sumatera dan Kalimantan. Beberapa negara di luar pun ternyata juga ikut membudidayakan tanaman yang satu ini. Hal ini dikarenakan gambir yang diambil getahnya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan manusia. Semakin penasaran apa sajakah manfaat yang dimiliki getah dari tanaman gambir? Melihat banyaknya manfaat getah gambir, maka tak heran jika Negara besar seperti Malaysia dan Singapura ikut membudidayakan tanaman ini.

Getah yang dimiliki oleh tanaman ini sangat kaya akan antioksidan yang fungsinya menangkal beragam serangan radikal bebas di udara. Banyak orang yang percaya jika khasiat ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang sering dan mudah menyerang ke tubuh manusia. Bahkan, sejak dulu getah dari tanaman gambir ini dioleskan pada tubuh yang terluka. Berikut secara lebih lengkap akan dirangkum beberapa manfaat dan khasiat getah gambir bagi manusia.

1. Mengobati Alergi

Alergi merupakan salah satu gejala atau reaksi yang ditimbulkan pada kulit seperti adanya bintik merah yang pada akhirnya menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Rasa gatal tersebut biasanya timbul jika Anda memakan makanan yang menimbulkan alergi seperti udang, kacang, dan telur. Alergi bukanlah suatu penyakit yang menular. Alergi yang menyerang seseorang bisa hilang jika diobati dengan obat tertentu serta obat herbal yang ada di sekitar kita. Contohnya saja getah dari tanaman gambir.

2. System Pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting. Bagi Anda yang tengah mengalami permasalahan pada system pencernaan, sebaiknya gunakan getah gambir untuk menyembuhkannya. Biasanya. Masalah pencernaan akan melanda jika makanan yang Anda konsumsi kekurangan kandungan serat. Oleh karena itu, jika sudah diobati dengan menggunakan getah gambir, tugas Anda adalah mengubah jenis makanan yang biasa Anda konsumsi dengan banyak mengutamakan kandungan buah serta sayur. Kandungan serat yang cukup did alam tubuh akan membantu melancarkan system pencernaan sehingga buang air besar pun akan lancer.

3. Menyembuhkan Luka

Manfaat lain yang dimiliki oleh getah gambir adalah menyembuhkan luka. Baik luka sayatan atau pun luka karena kecelakaan akan mudah kering jika Anda memanfaatkan getah gambir ini. Anda bisa mengoleskannya di bagian yang terluka sebanyak 2 kali dalam sehari. Seusai diberikan getah gambir secara rutin, maka luka yang Anda alami secara perlahan akan sembuh dengan sendirinya dan mengering.

4. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala memang bisa melanda siapa saja dan kapan saja. Penyebabnya pun sangat beragam yang salah satunya yaitu kurang istirahat. Di samping itu, stress juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kepala seseorang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan getah gambir ini untuk menyembuhkannya.

5. Maag

Tidak teratur dalam mengonsumsi makanan bisa berakibat fatal terhadap kesehatan lambung seseorang. Apabila lambung dibiarkan kosong dalam jangka waktu yang lama, maka bisa mengakibatkan asam lambung meningkat drastic. Penderita maag selanjutnya akan mengalami mual yang luar biasa yang disertai dengan rasa perih pada bagian ulu hati. Dewasa ini penyakit maag memang cukup meresahkan masyarakat. Hal ini terjadi karena ulah mereka sendiri. Mereka telah membiarkan perut mereka kosong untuk beberapa saat. Bagi Anda yang menderita maag, Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan getah gambir.

6. Diare

Diare salah satu penyebabnya adalah makanan yang masuk ke lambung kurang bersih. Dalam kasus yang sering terjadi, diare yang parah akan menyebabkan si penderita kehilangan banyak cairan dan pada akhirnya mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penderita harus mengonsumsi oralit dan mengonsultasikannya kepada dokter. Di samping itu, Anda bisa memanfaatkan obat herbal sekitar yang berasal dari getah gambir. Hal ini sangat cocok dan terbukti mampu mengobati penyakit diare yang Anda derita.

7. Jerawat

Jerawat merupakan gangguan kulit yang bisa menyerang siapa saja yang tidak menjaga betul kebersihan kulit wajah mereka. Jika jerawat tak kunjung pergi, Anda bisa memanfaatkan getah gambir untuk mengusirnya. Caranya adalah dengan mengoleskannya tepat di bagian jerawat.

8. Penuaan Dini

Tahukah Anda bahwa getah gambir kaya akan kandungan antioksidan? Kandungan tersebut memberikan manfaat yang besar khususnya untuk menangani masalah penuaan dini pada kulit Anda. Penuaan dini diakibatkan karena radikal bebas sehingga terjadi kerutan pada wajah sebelum waktunya.

9. Sakit Gigi

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja dan kapan saja terutama bagi merek ayang kurang aktif dalam menjaga kebersihan gigi. Jika Anda mengalami sakit gigi, sebaiknya segera manfaatkan getah gambir untuk menyembuhkannya.

10. Sariawan

Seseorang yang terkena sariawan adalah mereka yang kekurangan vitamin C. ketika sariawan melanda, bisa dipastikan Anda akan merasa kurang nyaman ketika mengonsumsi makanan. Untuk mengobati sariawan yang melanda, Anda bisa memanfaatkan getah tanaman gambir. Dijamin sariawan akan segera pergi dengan sendirinya.

Artikel ini telah tayang di https://www.khasiat.co.id dengan judul 16 Manfaat dan Khasiat Getah Gambir untuk Kesehatan

SUMBER:

https://www.khasiat.co.id/getah/gambir-2.html

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment