10 Manfaat dan Khasiat Soto Ayam untuk Kesehatan
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 28 Nov 2023, 22:27:26 WIB makanan
10 Manfaat dan Khasiat Soto Ayam untuk Kesehatan

Gambar : https://www.khasiat.co.id/makanan/soto-ayam.html


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Soto ayam merupakan salah satu makanan berkuah dengan kaldu yang gurih, suwiran ayam, potongan telur rebus,serta gumpalan soun memang sungguh nikmat di santap kapan saja. Siapa sangka masakan yang bisa ditemui di berbagai daerah di plosok nusantara ini juga disukai oleh masyarakat indonesia.

berbicara tentang makanan ini meskipun rasanya diberbagi daerah sangat beragam , makanan ini yang paling dikenal oleh masyarakat dan masuk dalm 30 ikon kuliner tradisional indonesia ialah soto ayam lamongan. Kemudian, makanan ini banyak di jumpai di jawa timur dengan posisi kedua di rai soto madura yang berasal dari provinsi yang sama. Kemudian, makanan ini memilki penampilan yang cantik warna-warni. Dengan paduan warna kuning oleh kunyit, hijau oleh irisan daun bawang, ornamen warna putih oleh soun dan kol, merah oleh irisan tomat serta ornamen lainya, selain itu yang tak kalah pentingnya, masakan khas nusantara ini kaya nutrisi dan bergizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat soto ayam ini, berikut inilah manfaatnya.


1. Mencegah kanker

Khasiat soto ayam yang pertama bisa membantu anda di dalam mencegah kanker. Kandungan yang ada di dalam makanan ini sangat di percaya mampu untuk mencegah kanker. Hal ini di sebabkan karena maknan ini berfungsi sebagai penekan terhadap pertumbuhan dna pada sel-sel kanker serta membantu untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Untuk kesehatan mata

Tentu anda sudah tau tentang bagaimana manfaat soto ayam yang memilki senyawa vitamin a yang ada pada tomat sebagai pelngkap makanan ini, tentunya fitamin a ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Hal ini terjaid karena vitamin a memiliki retinol yang berfungsi sebagai penyalur objek yang diterima retina mata ke otak sebagi fungsi gambar.

3. Mencegah kanker payu darah

Penyakit kanker payu darah merupakan salah satu penyakit yang sangat mengerikan dan jahat bagi kaum hawa dan bisa mengakibatkan fatal jika tidak segera diatasi. Soto ayam ini ternyata dapat mencegah penyakit kanker payu darah. Berdasarkan penelitian para ahli amerika menyimpulkan bahwa makanan ini dapat menghambat pertumbuhan kanker tersebut.

4. Meningktakan sistem kekebalan tubuh

Bagi anda yang memilki sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah tersernag oleh berbagai macam penyakit. Salah satu hal terutama pada serangan terhadap radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh anda. Oleh karena itu, makanan ini memilki peranan untuk meningkatakan sisitem kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

5. Membantu perkembangan janin

Soto ayam ini sangat di percaya memilki kemampuan untuk membantu perkembangan pada janin. Selain itu, makanan ini juga dapat membantu pertumbuhan pada mata, kulit bayi, organ serta tulang. Maka dari itu, bagi ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan ini karena dapat menjadilkan janin yang anda punyai akan menjadi sehat.

6. Menjaga aktifitas antioksidan

Kandungan yang ada di dalam soto ayam memiliki senyawa smirnoff yang merupakan senyawa yang berfungsi dengan aktifitas antioksidan yang berbentuk vitamin a yang dapat di cerna oleh tubuh. Kemudian kandungan dari makanan ini mampu menangkal dari serangan radikal bebas. Kemudian, antioksidan juga mampu untuk mencegah terjadinya kerusukan genetik.

7. Mencerahkan kulit

Kandungan yang telah terdapat di dalam makanan soto ayam juga telah dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya kulit. Untuk anda yang ingin memiliki kulit sehat, kandungan dari soto ayam ini juga mampu membantu mencerahkan kulit.

8. Menghilangkan stress

Soto ayam memiliki kandungan asam pantotenat yang dapat memberikan efek tenaga pada saraf manusia. Pada saat anda mengalamai stress ada baiknya mencoba hidangan makanan ini yang lezat sebagai menu yang bermanfaat ganda.

9. Mengurangi resiko radang sendi

Kandungan yang ada di dalam soto ayam memiliki senyawa mineral yang di namakan selenium, kemudian senyawa ini mampu mencegah pengembangan radang sendi.

10. Meningkatkan sistem imun

Soto ayam ini sangat banyak sekali kandunganya seperti mineral serta vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga menjaga kesehatan tubuh anda.

SUMBER:

https://www.khasiat.co.id/makanan/soto-ayam.html




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment