Masjid Al Amien Krapyak Wetan Bantul Bagikan Sembako ke Warga Sekitar
Berita Nasional

By JUMAKIR, S Pd., MM 25 Apr 2021, 15:58:32 WIB Nasional
Masjid Al Amien Krapyak Wetan Bantul Bagikan Sembako ke Warga Sekitar

Gambar : Tugu Jogja


KANGJO.NET, Bantul, DIY. Pandemi membuat semua orang menyesuaikan diri, bagaimana caranya agar terhindar dari penularan Covid-19.

Tak terkecuali aktivitas yang ada di Masjid, mulai dari protokol kesehatan yang ketat hingga sengaja meniadakan kegiatan rutin yang biasanya digelar saat Bulan Ramadhan.

Di Masjid Al Amien yang berada di RT 6 Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul misalnya, sudah dua tahun ini kegiatan buka bersama yang biasanya dilakukan dengan menyediakan takjil bagi jemaah ditiadakan.



Sebagai gantinya, Takmir Masjid Al Amien menggantinya dengan pembagian sembako kepada warga sekitar Masjid, jemaah, serta warga yang membutuhkan.

Pembagian sembako dilaksanakan di pendopo yang berada di dekat Masjid Al Amien dengan pertimbangan luasan tempat dan juga sirkulasi udara yang baik.

Takmir Masjid Al Amien Muhammad Umam mengatakan pembagian sembako ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, tahun pertama di mana Bulan Ramadhan terasa berbeda karena kondisi pandemi.



"Karena ada pandemi, yang biasanya Masjid Al Amien melaksanakan takjilan, mulai tahun kemarin dan ini masuk tahun kedua, kita ubah bentuknya dari makanan siap saji menjadi pembagian sembako," bebernya, Sabtu (24/4/2021).



Setiap warga yang mendapatkan bantuan sembako, sebelumnya dibagikan kupon oleh pihak Masjid Al Amien.

Selanjutnya mereka datang dan mengambil bantuan yang dalam satu paketnya berisi beras, gula jawa, minyak goreng, mi instan, kentang, kurma, kecap dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Setelah menerima sembako tidak ada acara lain yang membuat kerumunan. Warga diminta segera kembali ke rumah masing-masing.

"Alhamdulillah tahun ini kita bisa bagi tiga tahap. Tahap pertama 127 paket kita bagi hari pertama puasa, hari ini bagi 175 paket, kemudian tahap ketiga 220 paket," tambah Umam.

 

Ia mengatakan bahwa dengan adanya bantuan paket sembako ini diharapkan bisa meringankan beban warga yang terdampak pandemi serta memudahkan mereka untuk mencukupi kebutuhan selama Bulan Ramadhan.

Sementara itu, satu di antara penerima bantuan yakni Umanah mengatakan snagat terbantu dengan adanya bantuan sembako dari Masjid Al Amien.

"Alhamdulillah kita sebagai warga sangat membantu. Terutama ada yang terdampak Covid-19. Kita bisa melaksanakan buka puasa dengan baik karena kita bisa berbuka dengan bantuan dari Masjid Al Amien," ungkapnya.


SUMBER:
Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Tiadakan Takjil Buka Puasa, Masjid Al Amien Krapyak Wetan Bantul Bagikan Sembako ke Warga Sekitar, https://jogja.tribunnews.com/2021/04/24/tiadakan-takjil-buka-puasa-masjid-al-amien-krapyak-wetan-bantul-bagikan-sembako-ke-warga-sekitar.
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Kurniatul Hidayah

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment