Ketua APSI Barito Timur Berikan Layanan Pembinaan LMS Terhadap Guru PAK
APSI Barito Timur

By JUMAKIR, S Pd., MM 14 Sep 2021, 18:34:59 WIB Barito Timur
Ketua APSI Barito Timur Berikan Layanan Pembinaan LMS Terhadap Guru PAK

Gambar : Dok.Pribadi


Ketua APSI Barito Timur Berikan Layanan Pembinaan LMS Terhadap Guru PAK

KANGJO.NET, Tamiang Layang. Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Barito Timur, Jumakir, S.Pd., MM yang sering dipanggil Kangjo memberikan layanan Pembinaan online menggunakan LMS kepada para Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Kabupaten Barito Timur. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut sebagai Narasumber pada Kegiatan Diklat Peningkatan Kompeten Guru PAK yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Kab. Barito Timur.

Pada kegiatan ini Kangjo menyampaikan  dua macam penggabungan aplikasi. Hal ini untuk memberikan layanan kepada guru yang ada fasilitas lengkap di sekolah dan mengakomodir sekolah yang kurang lengkap fasilitas digitalnya. Aplikasi tersebut adalah:

  1. Penggunaan Aplikasi dalam pembelajaran berupa penggabungan 2 aplikasi yaitu Google classroom dan google meet, dimana dengan 2 apliasi tsb dapat digunakan untuk pembelajaran langsung maupun tidak langsung. Dengan google classroom guru mampu membuat kelas digital (online), yang mampu menyajikan materi pelajaran, tugas, absensi maupun kuis, rekap absensi, rekap nilai dan lain-lain.  ini diperlukan jika peserta didik tidak bisa mengikuti secara online. Sehingga peserta didik tidak terganggu belajarnya meskipun masih dalam masa pandemic covid-19. Sedangkan google meet dipadukan didalam aplikasi google classroom, jika suatu sekolah mampu menyelenggarakan pembelajaran online (daring). Kenapa harus aplikasi google classroom dan google meet, karena 2 aplikasi ini gratis dan kemampuan online tidak terbatas.
  2. Penggunaan Aplikasi yang kedua khusus jika sekolah mampu menyelenggarakan pembelajaran online dan semua siswa juga siap dengan perangkat HP, signal dll. Yaitu penggabungan Google meet dan Google Jamboard (Papan Tulis Digital). Dengan penggabungan 2 aplikasi ini guru bisa melaksanakan pembelajaran seolah-olah berhadapan dengan siswa secara langsung. Dan siswa juga bisa menulis pada papan digital tsb meskipun dari rumah.

Dengan 20 guru peserta, saat ditanya oleh Kasi Bimas Kristen (ibu Neti, S.Ag) pada saat acara penutupan kegiatan Diklat tersebut, ditanyakan apakah materi ini sangat bermanfaat, semua guru menyatakan sangat bermanfaat dan menyatakan pengetahuan yang baru bagi mereka.

Dan sebagai tindak lanjut dari Diklat ini, Kangjo memberikan Pembinaan secara gratis melalui Learning Manajemen Sistem (LMS) kepada guru2 peserta diklat. Dengan langkah2 seperti yang pernah diberikan kepada Guru di sekolah binaannya, yaitu:

  1. Login Google Chrome.
    2. Ketik "kangjo" klik "ENTER".
    3. Pilih www.kangjo.net
    4. Pilih LMS
    5. Klik “Login Sekarang”
    6. Masukan kode USER yang diberikan oleh narasumber (no WA).
    7. Masukan PASSWORD yang telah diberikan oleh narasumber (lms2021).
    8. Klik "Login Masuk"
    9. Pilih materi yang sesuai (contoh SKP)
    10. Klik "Baca"
    11. Klik "WhatsApp"
    12. Selesai

Langkah tersebut dapat dilakukan apabila sudah mendaftar kepada Kangjo selaku pemilik aplikasi LMS tersebut.

Pada kesempatan itu juga terjadi kesepakatan bahwa melalui Ketua MGMP PAK barito Timur, Aloysius, M.Th, bagi Guru PAK yang tidak ikut diklat ini tetap dilayani oleh Kangjo untuk ikut bergabung dalam pembinaan melalui LMS dengan jumlah keseluruhan Guru PAK Kabupaten Barito Timur mencapai 100 orang guru lebih, dengan cara mengisi biodata pada link google form yang telah dibagikan di group WA Guru PAK Barito Timur. Semoga bermanfaat (kangjo)

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment