Viral, Video Warga Bongkar dan Hancurkan Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Situbondo, Ini Kata Kades
Nasional

By JUMAKIR, S Pd., MM 23 Jul 2021, 06:25:34 WIB Nasional
Viral, Video Warga Bongkar dan Hancurkan Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Situbondo, Ini Kata Kades

Gambar : dok. Kompas.com


Viral, Video Warga Bongkar dan Hancurkan Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Situbondo, Ini Kata Kades

JAWA TIMUR. Sejumlah warga di Situbondo, Jawa Timur membongkar dan menghancurkan peti jenazah pasien Covid-19. Aksi tersebut terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial. Dalam video tampak warga beramai-ramai membongkar dan merusak peti mati jenazah pasien Covid-19 menggunakan kayu. Peristiwa itu diketahui terjadi di Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

 

Alasan pembongkaran menurut Kades Kepala Desa (Kades) Panji Kidul Budiono membenarkan inisiden itu memang terjadi di wilayahnya. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Dia menuturkan, pembongkaran dilakukan oleh keluarga karena mereka ingin memastikan apakah mayat pasien Covid-19 tersebut sudah dimandikan. Warga yang tidak terima jasad dimakamkan dengan protokol Covid-19 kemudian menghancurkan peti mati. "Keluarga almarhum hanya ingin memastikan apakah jenazah sudah dimandikan apa belum," katanya, seperti dilansir dari Surya Malang. Budiono mengaku sangat menyayangkan kejadian itu. "Saya berharap, masyarakat sadar dan tidak lagi membongkar peti jenazah yang diduga terpapar Covid-19," kata dia.

 

Dia menuturkan, pembongkaran dilakukan oleh keluarga karena mereka ingin memastikan apakah mayat pasien Covid-19 tersebut sudah dimandikan. Warga yang tidak terima jasad dimakamkan dengan protokol Covid-19 kemudian menghancurkan peti mati. "Keluarga almarhum hanya ingin memastikan apakah jenazah sudah dimandikan apa belum," katanya, seperti dilansir dari Surya Malang. Budiono mengaku sangat menyayangkan kejadian itu. "Saya berharap, masyarakat sadar dan tidak lagi membongkar peti jenazah yang diduga terpapar Covid-19," kata dia.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Video Warga Bongkar dan Hancurkan Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Situbondo, Ini Kata Kades", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/07/22/201325678/viral-video-warga-bongkar-dan-hancurkan-peti-jenazah-pasien-covid-19-di?page=all#page2.

 

Editor : Pythag Kurniati




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment