Sosialisasi Learning manajemen System (LMS) di SMPN 1 Paku
Ketua APSI Barito Timur

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Okt 2022, 06:16:08 WIB smpn 1 paku
Sosialisasi Learning manajemen System (LMS) di SMPN 1 Paku

Gambar : dok.pribadi


KANGJO.NET, Tamiang Layang. Hari Selasa, 24 Agustus 2021 Jumakir yang dikenal dengan panggilan Kangjo selaku Ketua APSI Barito Timur, melaksanakan pembinaan dengan memperkenalkan Learning Manajemen Sistem (LMS) sebagai aplikasi pembinaan Jarak jauh (Daring).

PPKM Level 3

LMS merupakan terobosan yang sangat luar biasa yang digunakan untuk melakukan Pembinaan oleh Pengawas Sekolah terhadap Sekolah Binaan. Dengan adanya PPKM Level 3 di daerah Kabupaten Barito Timur, maka pembinaan secara langsung datang ke Sekolah sulit untk dilaksanakan. “Oleh karena itu salah satu solusi untuk melakukan pembinaan menggunakan LMS” ucap Kangjo.

Acara tersebut diawali dengan sambutan oleh Jalil, S.Pd selaku Kepala SMPN 1 Paku mengatakan bahwa Kami mengucapkan Terima kasih sekaligus mengapresiasi kepada Pengawas Pembina (Kangjo) yang selalu setia mendampingi SMPN 1 Paku, dalam melaksanakan pendidikan. Dengan LMS ini merupakan suatu hal yang luar biasa, karena dengan LMS ini kami dapat selalu mengakses informasi terbaru dan juga berisi tentang materi yang sangat kami perlukan.

Menurut Kangjo, dalam LMS tersedia semua informasi dan materi pembinaan yang diharapkan dapat membantu sekolah binaan, diantaranya Adanya bahan persiapan Akreditasi Sekolah, ada cara penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) lengap dengan aplikasi SKP, Cara penyusunan Daftar Usuk Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan aplikasi DUPAK untuk guru yang akan naik Pangkat.

Sedangkan untuk peningkatan pembelajaran disajikan berbagai Model pembelajaran diantaranya Google Classroom, Google Jamboard, Google Chat, Google Group dan lain-lain, untuk mengatasi kesulitan pembelajaran karena adanya Pandemi covid-19, yang tidak boleh dilaksanakan secara tatap muka.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kangjo, yang mempunyai inovasi yang luar biasa dalam pembinaan yaitu dengan PMS” ujar Jalil selaku Kepala SMPN 1 Paku.

Cara Login LMS

Dalam pertemuan secara virtual melalui Zoom Meeting tersebut Kangjo menyampaikan cara Login ke dalam LMS Pembinaan. 

Cara login LMS Pembinaan Ketua APSI Barito Timur sebagai berikut:

1. Google chroom

2. Ketik “kangjo” klik ‘ENTER”

3. Pilih www.kangjo.net

4. Pilih LMS

5. Klik “Login Sekarang”

6. Masukan USER (yang diberikan oleh Pengawas)

7. Masukan PASSWORD (yang telah diberikan oleh Pengawas)

8. Klik “ Login Masuk”

9. Pilih materi yang sesuai (contoh SKP)

10. Klik “Baca”

11. Klik “Wattsapps”

12. Selesai

Bagi guru-guru dari sekolah lain jika ingin mengikuti program LMS pembinaan dan belum terdaftar pada LMS tersebut, dipersilahkan mencantumkan no WA pada kolom komentar yang ada di web Kangjo dengan laman www.kangjo.net.

“Hal ini saya lakukan sebagai sumbangsih kepada kemajuan pendidikan di Kabupaten barito Timur” ujar Kangjo, dalam mengakhiri kegiatan pembinaan tersebut. (KANGJO)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment