Museum Lewu Hante, Wisata Edukasi di Kabupaten Barito Timur
Destinasi Wisata Kabupaten Barito Timur

By JUMAKIR, S Pd., MM 26 Apr 2021, 21:12:17 WIB Barito Timur
Museum Lewu Hante, Wisata Edukasi di Kabupaten Barito Timur

Gambar : Foto Museum Lewu Hante


KANGJO.NET, Tamiang Layang. Satu lagi tempat wisata tema edukasi di provinsi Kalimantan ini. Adalah Museum Lewu Hante yang merupakan sebuah rumah panggung suku Dayak. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung kemari. Bangunan yang khas rumah panggung ini sangat luas dan sering digunakan untuk berbagai acara kebudayaan.

Tidak hanya itu saja, di dalam Museum Lawe Hante ini juga menyimpan berbagai benda bersejarah dari zaman dulu. Sampai saat ini, benda-benda tersebut masih tersimpan dengan baik dan aman.

Museum Lewu Hante (Rumah Betang), terletak di Kelurahan Taniran Kecamatan Benua Lima, yang berada tepat di Perbatasan dengan Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Sangat strategis, karena terletak di Pinggir Jalan Raya Nasional yang menghubungkan provinsi Kalimantan Tengah dengan Provinsi Kalimantan Selatan, yang posisinya berada di sebelah kanan menuju arah kota Banjarmasin.

Tempatnya sangat indah, luas dan dilengkapi dengan adanya Café, yang siap menjamu para wisatawan yang datang berkunjung di Museum tersebut. Berada dibawah pengawasan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur ini, sehingga tempat tersebut terawatt dengan baik.

Nanun sayang, belum ada kunjungan rutin dari Sekolah-Sekolah di Barito Timur, untuk mengenalkan kepada peserta didik tentang Nilai-nilai sejarah yang berada di daerah sendiri. Hal ini mungkin perlu lebih dipromosikan kepada para Guru khususnya di Barito Timur, untuk mengenalkan tempat wisata bersejarah yang mengandung nilai edukasi yang tinggi. Sayang rasanya tempat seindah ini kurang diminati oleh para pelajar.

Kebanyakkan yang datang, hanya masyarakat, kaum muda-mudi hanya sekedar berfoto ria, karena letaknya berdampingan dengan Tugu Perbatasan, dengan panorama yang indah sekali.

Semoga dengan artikel ini, penulis berharap agar masyarakat mulai melirik dengan tempat wisata di Barito Timur, sebagai salah satu Tujuan Wisata Indonesia. Aamiin (kangjo.net)

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment