LEGENDA LIANG SARAGI (versi 1), Cerita Rakyat dari Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah
Destinasi Wisata Barito Timur

By JUMAKIR, S Pd., MM 26 Apr 2021, 21:17:09 WIB Barito Timur
LEGENDA LIANG SARAGI (versi 1), Cerita Rakyat dari Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah

Gambar : Goa Liang saragi


KANGJO.NET, Tamiang Layang. Sebelumnya penulis mohon maaf jika yang penulis ini berbeda dengan cerita rakyat yang sebenarnya terjadi. oleh karena itu, penulis berharap kepada pembaca ada yang berkenan menanggapi, sekaligus meluruskan jika cerita ini tidak sesuai kenyataan, khususnya kepada Penduduk asli Barito Timur yang benar-benar mengetahui akan cerita legenda Liang Saragi. Penulis berprinsip "Dimana kaki berpijak, disitu Langit Dijunjung", karena penulis telah lama tinggal di Barito Timur, maka penulis ingin ikut berpartisipasi mempromosikan tempat penulis tinggal, ingin ikut memajukan Barito Timur lebih maju lagi.

Legenda Laing Saragi versi 1 ini, juga bersumber dari Putra Dayak dari Barito Timur, meskipun demikian penulis berharap tanggapan, saran, masukan demi melurus legenda ini, sebagai salah satu khasanah cerita rakyat Indonesia yang agung. Selamat membaca!

Cerita ini dimulai ketika Kerajaan Tumpuk Lusun Bumi Manang Menuh sedang sibuk untuk mencari jodoh bagi sang tuan putri. Dari sekian banyak pria yang mengajukan lamaran tak ada satupun yang berkenan di hati Putri Layu Turus Riwut Pasang Angin. Entah apa yang menyentuh hati Putri Layu. Ia malah memilih seorang pria miskin bernama Saragi. Raja pun mengajukan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh Saragi. Ternyata Saragi berhasil memenuhi semua persyaratan tersebut. Bersama ibunya, Saragi di bawa ke istana. Ia dan Putri Layu kemudian melangsungkan upacara pernikahan yang meriah. Beberapa raja dan pangeran dari negeri tetangga di undang untuk menghadirinya.

Saat pesta berlangsung, Kerajaan Tumpuk Lusun Bumi Manang Menuh dijatuhi kutukan. Kutukan ini datang ketika para pemuda pesaing melanggar perintah raja. Mereka mencemooh Saragi yang miskin dan yatim.

Kerajaan Tumpuk Lusun Bumi Manang Menuh yang tadinya megah akhirnya hancur di terjang bencana dan berubah menjadi goa dan lautan air. Saragi selamat namun tidak begitu dengan istrinya. Setelah bencana berakhir, Saragi terus mencari Putri Layu Turus Riwut Pasang Angin. Namun pencarian tidak juga berhasil. Bahkan Saragi tersesat di sebuah goa yang kemudian dikenal dengan nama Liang Saragi.

Pada akhirnya, pasangan ini dipertemukan kembali berkat pertolongan gaib yang dilakukan oleh Suku Dayak. Saragi dan Putri Layu Turus Riwut Pasang Angin kembali bersatu setelah melalui proses reinkarnasi.

BACA JUGA: LEGENDA LIANG SARAGI, Cerita Rakyat dari Kabupaten Barito Timur (Versi 2)

SUMBER: https://lafriofkalteng.wordpress.com/tag/liang-saragi/

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment