Khutbah Arafah yang menggetarkan hati, Jamaah Haji Kalimantan Tengah Tahun 2018
MARI MENUNTUT ILMU AGAMA

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 21:39:41 WIB Haji dan Umroh
Khutbah Arafah yang menggetarkan hati, Jamaah Haji Kalimantan Tengah Tahun 2018

Gambar : Mina


KANGJO.NET, Makkah. Ketika itu, tahun 2018 Rombongan haji dari Kalimantan Tengah berada di Maktaf 25 di Padang arafah dan sekarang berada di tahun 2021 artinya peristiwa itu sudah 3 tahun yang lalu.

Namun, salah satu Jamaah dari Kalimantan Tengah yang identitasnya tidak mau disebutkan mengatakan “Khutbah arafah yang sangat Menggetarkan Jiwa”. Betapa tidak, Khutbah yang disampaikan oleh Dr Abdul Helim, M.Ag yang bertugas sebagai Pembimbing Haji Kalimantan Tengah saat itu.

Adapun isi khutbah yang dikenang oleh salah satu Jamaah saat itu, adalah “Para Jamaah, Kita datang kesini (Makkah-red) karena ada 2 alasan. Alasan yang pertama karena doa kita yang ijabah karena ibadah kita, alasan yang kedua karena Kita banyak dosa sehingga diberi kesempatan untuk bertaubat di tempat suci ini.” Ungkap Doktor yang kesehariannya sebagai Dekan pada Universitas Muhammadiyah Palangka Raya ini.

Masih lanjut dengan khutbahnya “Apapun alasan yang ada, kita saat ini diberi kesempatan bertaubat di tempat ini, dimana doa tak pernah ditolak. Dan selanjutnya agar menjadi umat dapat meningkatkan ketaqwaan dan memperbaiki diri setelah datang dari sini dan pulang ke tanah air.”

“Kita yang dipilih Allah SWT, bukan karena kaya karena masih banyak orang yang lebih kaya dari kita belum diberi kesempatan untuk berhaji, Kita dipilih oleh allah SWT bukan karena Amal kita yang Sholeh karena diluar sana banyak orang sholeh dari kita. Tapi kita dipilih dan ditakdirkan hadir disini, maka marilah kita gunakan kesempatan yang hanya sekali seumur hidup kita bisa berhaji, gunakan untuk bertaubat, untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kita, untuk memperbaiki diri, untuk meningkatkan ketaqwaan kita.” Ujar seorang jamaah yang berasal dari Tabalong Kalsel, tetapi terdaftar sebagai Jamaah Kalimantan Tengah., mengulang ucapan itu, sambil meneteskan air mata karena kerinduannya untuk mengulang momen-momen seperti itu.

Terima Kasih, semoga bermanfaat. Aamiin ya Rabbal alamiin (kangjo.net)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment