Ketua APSI Bartim, kawal Pelaksanaan Uji Coba Ujian Sekolah SMPN 4 Tamiang Layang
Pendidikan

By JUMAKIR, S Pd., MM 23 Mar 2022, 17:12:51 WIB Barito Timur
Ketua APSI Bartim, kawal Pelaksanaan Uji Coba Ujian Sekolah SMPN 4 Tamiang Layang

Gambar : Teah Pussy, S.Pd_Ketua Panitia (kiri), Kangjo (tengah), Detiana, S.Pd_Kepala Sekolah (kanan)


KANGJONET, Tamiang Layang. Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur menyelenggarakan Uji Coba Ujian Sekolah, yang diselenggarakan secara serentak di SMP sekabupaten Barito Timur. Ujicoba dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Maret 2022.

Menurut Ketua APSI Kabupaten Barito Timur, Jumakir yang akrab dipanggil Kangjo ini, ikut ambil bagian dalam memastikan bahwa pelaksanaan uji coba US berhasil dan sukses dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Secara teknis, pelaksanaan uji coba US ini diawali dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kabupaten Barito Timur tentang Panitia Pembuat Soal tingkat kabupaten, dimana Tim pembuat soal terdiri dari para Pengawas Sekolah dibantu oleh guru mata pelajaran yang telah mengikuti Diklat pembuatan soal bertaraf Nasional.

Pelaksanaan uji coba pada hari senin tanggal 21 dan 22 maret 2022 terdiri dari 4 (empat) mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Bahasa Inggris dan Matematika.

Pemantauan uji coba US dilakukan oleh seluruh pengawas SMP di Kabupaten Barito Timur yang jumlahnya 9 orang. Setiap pengawas mendapat tugas memantau minimal 2 Sekolah yang menjadi binaannya.

Pada hari pertama, Kangjo mendapat tugas memantau pelaksanaan uji coba di SMPN 4 Tamiang Layang yang dipimpin oleh seorang Plt.Kepala Sekolah bernama Detiana, S.Pd. Menurut Detiana, bahwa siswa SMPN 4 Tamiang Layang sebanyak 38 siswa, dengan kehadiran 100%.

Hasil pemantauan yang dilakukan oleh Kangjo di SMPN 4 Tamiang Layang, bahwa pelaksanaan uji coba ujian sekolah telah dilaksanakan dengan baik dan lancer, tertib administrasi dan tertib penyelenggaran. Tertib administrasi karena telah disiapkan administrasi berupa SK Panitia, Denah Ruang uijan, daftar peserta, jadwal pelaksanaan, tata tertib peserta, tata tertib pengawas ujian, absensi peserta dan lain-lainnya.

Adapun pelaksanaan uji coba di SMPN 4 Tamiang Layang, mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah, dengan menjaga jarak tempat duduk, pakai masker, disediakan tempat cuci tangan dan handsanitaiser.

Setelah selesai memantau kegiatan uji coba, Detiana selaku Plt.Kepala Sekolah konsultasi tentang pembuatan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) kepada Kangjo selaku sebagai pengawas Pembina SMPN 4 Tamiang Layang sekaligus Ketua APSI Kabupaten Barito Timur menyampaikan,bahwa SKP yang resmi adalah Form SKP dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Karena selama ini banyak sekali bermunculan aplikasi SKP hasil dari para creator.

Tapi sekali lagi bahwa Form SKP yang resmi hanya form yang dari BKN, dan untuk SKP 2021 berlaku 2 SKP, yaitu SKP semester 1 (Januari -Juni) yang menggunakan peraturan lama serta SKP semester 2 (Juli-Desember) yang menggunakan peraturan baru.

Jadi selama ini kebanyakan Kepala Sekolah semua jenjang, baik SD. SMP, SMA, SMK masih belum membuat SKP 2021, dengan penjelasan Kangjo ini diharapkan semua Sekolah agar segera membuat SKP 2021 yangselama ini masih terkendala.

Dengan adanya pemantauan yang dilakukan oleh semua pengawas sekolah ini,  Semoga Pendidikan di kabupaten Barito Timur dapat lebih maju dan berpretasi sampai ke tingkat nasional.  (Kangjo)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment