Ketua APSI Barito Timur, Pantau Pelaksanaan Uji Coba Ujian Sekolah di SMPN 1 Paku
Pendidikan

By JUMAKIR, S Pd., MM 23 Mar 2022, 07:02:41 WIB Barito Timur
Ketua APSI Barito Timur, Pantau Pelaksanaan Uji Coba Ujian Sekolah di SMPN 1 Paku

Gambar : Foto: Kangjo (kiri), Jalil, S.Pd Kepala SMPN 1 Paku (kanan)


KANGJONET, Tamiang Layang. Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur menyelenggarakan Uji Coba Ujian Sekolah, yang diselenggarakan secara serentak di SMP sekabupaten Barito Timur. Ujicoba dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Maret 2022.

Menurut Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Barito Timur, Jumakir yang akrab dipanggil Kangjo ini, ikut ambil bagian dalam memastikan bahwa pelaksanaan uji coba US berhasil dan sukses dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Secara teknis, pelaksanaan uji coba US ini diawali dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kabupaten Barito Timur tentang Panitia Pembuat Soal tingkat kabupaten, dimana Tim pembuat soal terdiri dari para Pengawas Sekolah dibantu oleh guru mata pelajaran yang telah mengikuti Diklat pembuatan soal bertaraf Nasional.

Pelaksanaan uji coba pada hari senin tanggal 21 dan 22 maret 2022 terdiri dari 4 (empat) mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Bahasa Inggris dan Matematika.

Pada hari kedua, Kangjo mendapat tugas memantau pelaksanaan uji coba di SMPN 1 Paku yang dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah Bernama Jalil, S.Pd. Menurut Jalil, bahwa siswa SMPN 1 Paku sebanyak 70 siswa, yang tidak hadir 1 orang karena alasan berhenti.

Masih menurut Jalil, dari 69 peserta, dijadikan 4 ruang ujian, dengan pembagian, ruang 1 sebanyak 20 peserta, ruang 2 sebanyak 20 peserta, ruang 3 sebanyak 20 peserta dan ruang 4 sebanyak 9 peserta. Dimana setiap ruang ujian diawasi oleh pengawas ujian sebanyak 2 orang guru.

Hasil pemantauan yang dilakukan oleh Kangjo di SMPN 1 Paku, bahwa pelaksanaan uji coba ujian sekolah telah dilaksanakan dengan baik dan lancer, tertib administrasi dan tertib penyelenggaran. Tertib administrasi karena telah disiapkan administrasi berupa SK Panitia, Denah Ruang uijan, daftar peserta, jadwal pelaksanaan, tata tertib peserta, tata tertib pengawas ujian, absensi peserta dan lain-lainnya.

Adapun pelaksanaan uji coba di SMPN 1 Paku, mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah, dengan menjaga jarak tempat duduk, pakai masker, disediakan tempat cuci tangan dan handsanitaiser.

Selesai uji coba, hari selasa kemaren langsung diadakan pertemuan antara Pengawas Pembina dan seluruh dewan guru dan tenaga Pendidikan SMPN 1 Paku. Dalam pertemuan itu Jalil memberi kesempatan dan meminta Pengawas Pembina untuk menyampaikan informasi penting agar semua guru dan staf mengetahuinya.

Kangjo selaku Ketua APSI Kabupaten Barito Timur sekaligus sebagai pengawas Pembina SMPN 1 Paku menyampaikan, hasil pemantauan pelaksanaan uji coba telah berjalan secara baik. sukses dan telah mengikuti prokes. Dan juga informasi tentang pentingnya mendukung program pemerintah pusat terutama Kemendikbudristek yaitu Program Sekolah Penggerak (PSP), diharapkan agar semua bisa ikut menyukseskan PSP tersebut dengan cara mendaftar sebagai Calon Guru Penggerak (CGP). Semoga Pendidikan di kabupaten Barito Timur dapat maju dan berpretasi sampai ke tingkat nasional. (Kangjo)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment