Goa Liang Saragi, Potensi Wisata Alam Sangat Menjanjikan Di Kabupaten Barito Timur
Destinasi Wisata Barito Timur

By JUMAKIR, S Pd., MM 26 Apr 2021, 21:17:54 WIB Barito Timur
Goa Liang Saragi, Potensi Wisata Alam Sangat Menjanjikan Di Kabupaten Barito Timur

Gambar : Foto Gapura Goa Liang Saragi


KANGJO.NET, Tamiang Layang. Di Kabupaten Barito Timur (Bartim) Terdapat Sebuah Objek Wisata alam yang paling terkenal yaitu Liang Saragi, Objek wisata ini berada di Kec. Awang, Desa Ampari.

Liang Saragi adalah sebuah gua atau liang dari batu yang membentuk sebuah trowongan-trowongan yang mirip seperti gua tapi tidak masuk ke dalam tanah, didalam liang saragi juga terdapat aliran air yang melewati selah-selah batu. Bentuk dari liang ini juga beragam, ada yang besar dan kecil. Liang Saragi ini juga memiliki sejarah dan cerita lagenda nya yaitu Kisah bermula ketika Raja Tudan Tarung yang bernama Dambung Datu Tatan sakit keras dan meninggal dunia. Dengan peristiwa ini otomatis tahta kepemimpinan diwarisi oleh anaknya yang bejat moralnya bernama Dambung Gamiluk Langit. Inti dari cerita lagenda ini semuanya tentang cinta


                              Suasana di dalam Goa Liang Saragi


Untuk Mencapai objek wisata liang saragi ini memang memerlukan tenaga dan waktu tempuh yang lumayan jauh, berjarak sekitar 15 KM dari Kota Tamiang Layang, dangan jalan barbatu sekitar 3 KM dari desa Hayaping, sekitar 500 Meter dari Pintu gerbang kawasan liang saragi

Di Kawasan Liang Batu ini juga terdapat bangku-bangku taman yang di buat untuk bersantai dan juga banyak nya pepohonan membuat Objek wisata ini terlihat lebih asri.

Bagi anda yang ingin mengunjungi temat ini, sebaiknya melakukan persiapan pisik dan mental yang kuat, karena liang saragi ini tematnya ada di dalam hutan, dan juga bawa bekal makanan dan minuman. Berkunjung ke Objek wisata ini idak memerlukan tiket masuk, karena temat ini terbuka untuk umum dan gratis. Tersedia juga tempat parkir motor roda dua dan empat. Sayang nya temat ini masih belum terdaat fasilitas listrik, jadi bawalah fowerbank dari rumah.



Jika sudah sampai di Liang saragi anda bisa berfoto selfie sepuasnya dan menjelajah liang-liang tersebut, sebenarnya masih ada beberapa liang batu lain yang ada di dekat liang saragi, sayang nya jalur akses masih belum ada, takutnya anda tersesat di hutan. Tapi kelelahan yang anda rasakan akan terhapus setelah sampai di objek wisata terbaik di kab. Bartim ini.

 

SUMBER: https://sangkaicity.blogspot.com/2016/05/objek-wisata-goa-liang-saragi-di-ampari.html, diakses 9 April 2021




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment