BUKU 1, Metode KANGJO Atasi Kesulitan Guru Menulis PTK
Metode Kangjo

By JUMAKIR, S Pd., MM 24 Apr 2021, 16:58:47 WIB Karya Tulis
BUKU 1,  Metode  KANGJO Atasi Kesulitan Guru Menulis PTK

Gambar : Cover Buku Metode KANGJO


      KANGJO.NET, Tamiang Layang. Apakah METODE KANGJO itu?

Metode KANGJO merupakan suatu cara yang dibuat oleh penulis untuk menjadi narasumber pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), khususnya Penelitian Tindakan Sekolah (PTK). Dengan menggunakan Metode KANGJO ternyata dapat meningkatkan pemahaman oleh peserta Diklat.

Hal ini dilakukan karena berdasarkan evaluasi hasil dari setiap menjadi Narasumber pada Diklat Penulisan KTI/PTK, ternyata hasilnya kurang maksimal karena ternyata sebagaian besar peserta masih bingung atau belum memahami dari materi yang penulis sampaikan. Sehingga penulis merasa gagal menjadi Narasumber pada kegiatan Diklat tersebut.

Penulis merasa gagal menjadi narasumber, maka penulis mencoba untuk mencari cara agar dapat memudahkan dalam menyapaikan suatu materi tentang Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), khususnya Penelitian Tindakan Sekolah (PTK). Sehingga berdasarkan pengalamannya yang sering menjadi narasumber maka penulis mendapat suatu ide “Nyleneh” yang penulis namakan Metode KANGJO.

Nama Kang Jo adalah nama panggilan akrab penulis, yang mempunyai nama asli Jumakir bin Joutomo. Untuk mengabadikan namanya, penulis menciptakan cara kreatif dan inovatif dengan memakai nama akrabnya yaitu Kang Jo. Bahkan dipertemuan tingkat nasional pun, penulis sering dipanggil dengan nama tersebut.

Bahkan nama Kang Jo juga dipakai oleh penulis dipakai pada akun pribadinya yaitu akun Facebook dan instagram. Jadi para pembaca yang ingin lebih mengenal penulis bisa menjalin pertemanan melalui akun pribadi penulis tersebut.

Bagi para Guru, Kepala sekolah maupun Pengawas sekolah yang pernah bahkan sering menjadi narasumber kegiatan Diklat Penulisan Karya Tulis Ilmiah berupa PTK, bisa mencoba Metode Kangjo. Menurut penulis metode tersebut sangat efektif dan efisien untuk diterapkan pada kegiatan Diklat Penulisan PTK, karena hasil sangat luar biasa. Untuk lebih mengenal dan memahami penggunaan Metode Kangjo dapat menghubungi penulis melaui akun pribadi yang telas disebutkan di atas.

    Bagaimana Cara Menggunakan METODE KANGJO?

   Metode KANGJO merupakan langkah-langkah yang bisa ditempuh oleh seorang Narasumber dalam menyapaikan materi tentang penulisan PTK. Kalau dalam proses pembelajaran K-13 di kelas ada yang dikenal pendekatan Saintifik atau dikenal dengan 5M. Sedangkan Metode KANGJO merupakan langkah pembimbingan dengan urutan sebagai berikut: Langkah K, langkah A, langkah N, langkah G, langkah J dan langkah O.

   Adapun penjelasan langkah dengan Metode KANGJO adalah sebagai berikut:

  1. Langkah K artinya Kumpulkan Masalah

Narasumber meminta peserta Diklat untuk menyebutkan dan mengumpulkan masalah yang dihadapi pada saat mengajar.

  1. Langkah A artinya Amati Masalah

Narasumber meminta peserta Diklat untuk mengamati dan memilih masalah yang paling urgensi atau masalah yang harus segera diselesaikan dan sekaligus mencari solusi penyelesaiannya.

  1. Langkah N artinya Namai

Narasumber meminta peserta Diklat untuk menamai atau memberi judul PTK berdasarkan Masalah dan solusi pada langkah 1 dan 2.

  1. Langkah G artinya Gunakan Metode Ilmiah

Narasumber menjelaskan tentang Metode Ilmiah yang harus digunakan pada penyusunan PTK.

  1. Langkah J artinya Jalankan Penelitian

Narasumber meminta peserta Diklat untuk mengikuti aturan karya tulis ilmiah harus memenuhi unsur “APIK” (Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten)

  1. Langkah O artinya Olah laporan

Narasumber meminta peserta Diklat untuk menulis laporan hasil penelitian mengikuti aturan-aturan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

 

Untuk lebih mengenal Metode KANGJO secara lengkap, perlu memiliki dan membaca Buku METODE KANGJO ATASI KESULITAN GURU MENULIS PTK. Adapun mendapatkan Buku tersebut, dapat menghubungi Kang Jo sebagai penulis. Terima kasih, semoga bermanfaat. Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment