Bendungan Tampa, Panorama Daya Tarik Wisatawan di Kabupaten Barito Timur
Destinasi Wisata Barito Timur

By JUMAKIR, S Pd., MM 26 Apr 2021, 21:18:35 WIB Barito Timur
Bendungan Tampa, Panorama Daya Tarik Wisatawan di Kabupaten Barito Timur

Gambar : Foto. Bendungan Tampa, Kabupaten Barito Timur


KANGJO.NET, Tamiang Layang. Dam Tampa merupakan bendungan yang mengendalikan laju aliran sungai tampa. Dam ini dimanfaatkan untuk perairan sehingga sawah-sawah warga sekitar mendapatkan pengairan yang cukup. Tanaman di sawah pun tumbuh hijau dan subur karena kebutuhan air terpenuhi dengan baik.


Berbeda dengan bendungan lain, dam tampa ini menjadi titik terbaik untuk menyaksikan keindahan alam sekitar. Berupa hamparan sawah yang luas berwarna hijau. Ketika angin bertiup, terasa udara di sekitar semakin sejuk. Duduk santai di tepi bendungan menjadi bagian dari salah satu rekreasi yang unik, bukan? Bagaimana bisa tidak, biasanya bendungan dimanfaatkan untuk urusan perairan tapi ini bisa untuk berwisata.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke bendungan Tampa adalah sore hari. Hal ini karena hari mulai teduh ditambah tiupan angin pelan memberikan kenyamanan tersendiri. Kesejukan dari hamparan sawah di sekitar seolah terbawa hingga ke atas bendungan, tempat dimana Anda berada.

Pada tahun 2005, Peresmian Bendungan Tampa dilakukan oleh Bupati Barito Timur, Drs. H. Zain Alkim, dimana Desa Tampa merupakan Tempat Kelahiran pak Bupati tersebut (lahir di Tampa, Barito Timur, 11 Juli 1949).

Kala itu Penulis ikut menyaksikan peresmian tersebut dengan ditandai dengan  ditaburkannya bermacam-macam benih ikan nila, ikan mas dan lain-lain.

Dan sampai sekarang Bendungan Tampa, masih berdiri megah, dengan lahan yang luas, yang sangat cocok untuk tujuan wisata baik masyarakat Barito Timur maupun dari luar Kabupaten Barito Timur. Silahkan mencoba!!!

Lokasi: Tampa, Kec. Paku, Kab. Barito Timur.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment