10 Manfaat dan Khasiat Lumpia untuk Kesehatan
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 03 Jun 2021, 05:09:01 WIB makanan
10 Manfaat dan Khasiat Lumpia untuk Kesehatan

Gambar : SUMBER:https://www.khasiat.co.id/makanan/lumpia.html 


10 Manfaat dan Khasiat Lumpia untuk Kesehatan

KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Lumpia merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Tentu, anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan ini biasanya menjadi cemilan saat bersantai dirumah. Jika digoreng warnanya kecoklatan, bentuknya memanjang serta di dalamnya terdapat irisan wortel dan sayuran lainnya. Makanan yang menjadi kegemaran masyarakat Semarang ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang basah dan juga kering. Namun, baik lumpia basah atau pun kering sama-sama mempunyai manfaat bagi kesehatan. Dalam makanan ini mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Selain itu kandungan vitamin A, B1 dan C juga terdapat dalam makanan ini. Kandungan-kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Makanan ini juga sangat populer sehingga banyak diminati oleh wisatawan saat berkunjung ke daerah Jawa Tengah. Jika anda ingin menikmati makanan ini maka anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Semarang karena saat ini anda bisa menjumpai makanan ini dipasar atau pedagang kaki lima. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat lumpia ini, berikut inilah manfaatnya.


1. Menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh

Khasiat lumpia yang pertama dapat menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh. Kandungan protein yang ada di dalamnya dapat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh sehingga semua sel bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, konsumsilah makanan ini.

2. Mengurangi resiko stroke

Stroke merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan rusaknya sebagian dari otak. Untuk mengurangi resiko stroke anda bisa mengkonsumsi lumpia ini. Kandungan protein dan vitamin C yang ada dalamnya dapat mencegah resiko stroke.

3. Mengurangi resiko kanker

Kanker menjadi salah satu penyebab kematian terbesar sampai saat ini. Untuk mengurangi resiko kanker anda bisa mengkonsumsi lumpia. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya terbukti mampu melawan sel kanker dalam tubuh sehingga anda bisa terbebas dari resiko kanker.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Jika anda salah satu penderita kolesterol maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ini. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat menurunkan kadar koleterol sehingga makanan ini baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang tidak lancar akan menyebabkan terjadinya penyakit sembelit. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi lumpia. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada makanan ini sangat efektif melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa mencegah resiko sembelit.

6. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan B1 yang terdapat dalam makanan ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Dengan mengkonsumsi makanan ini maka akan membantu anda agar otak dapat berfungsi dengan baik.

7. Menjaga kesehatan mata

Untuk menjaga kesehatan mata anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan vitamin A dan C yang ada di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan mata sehingga bisa mencegah dari resiko penyakit mata. Oleh karena itu mulailah mengkonsumsi makanan ini.

8. Menguatkan tulang

Semakin bertambahnya usia seseorang maka kekuatan tulang juga akan semakin menurun. Untuk menjaga agar tulang tetap kuat maka anda bisa mengkonsumsi lumpia ini. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya berguna untuk menguatkan tulang sehingga tulang tidak mudah patah.

9. Menghasilkan energi

Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang, lupia juga dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Kandungan vitamin B1 yang ada dalam makanan ini mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah karena kekurangan energi.

10. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan ini. Kandungan zat besi yang terdapat dalam makanan ini sangat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah anda dari resiko anemia atau kekurangan darah.

SUMBER:https://www.khasiat.co.id/makanan/lumpia.html  dengan judul 14 Manfaat dan Khasiat Lumpia untuk Kesehatan

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment