10 Manfaat dan Khasiat Klepon untuk Kesehatan
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 18:30:00 WIB makanan
10 Manfaat dan Khasiat Klepon untuk Kesehatan

Gambar : https://www.khasiat.co.id/makanan/klepon.html


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Klepon merupakan salah satu jenis kue jajanan pasar khas dari indonesia. Makanan ini termasuk dalam golongan katagorih kue basah yang banayk di gemari. Selain rasanya enak, makanan tradisional ini memiliki tekstur yang sangat lembut serta kenyal. Makanan ini terdiri dari dua jenis seperti yang berbahan dasar tepung ketan dan ubi.

Berbicara tentang makanan ini biasanya disajikan dengan teburan kelapa parut sehingga membuat makanan ini menjadi lebih gurih selain rasa manis yang pas. Kemudian, makanan ini terbuat dari tepung ketan, tepung beras, teh garam halus, gula merah, daun pandan, kelapa larut, pasta pandan dan banyak lagi yang lainya. Makanan ini bukan untuk mengenyangkan perut saja melainkan memilki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat klepon ini, berikut inilah manfaatnya

1. Mengencangkan kulit wajah

Khasiat klepon yang pertama bisa membantu anda di dalam mengencangkan kulit wajah. Pengencangan kulit wajah berguna untuk mengatasi penuaan dini akibat radikal bebas. Dengan kulit wajah yang kencang akan membuat anda semakin tampil lebih awet muda dari usia yang sebenarnya.

2. Kulit bercahaya

Selanjutnya manfaat klepon yang tidak kalah penting bagi kecantikan seperti membuat kulit tampak bercahaya. Kaum hawa mana yang tidak ingin memilki kulit yang bercahaya. Jika ingin memilki kulit yang bercahaya butuh usaha dan kerja yang nyata. Dari perawatan yang mahal dengan mengunakan krim-krim siang dan malam. Dengan rajin mendatangi klinik kecantikan yang menawarkan kulit bercahaya dalam waktu siang dan malam. Namun, ada bahan alami yang lebih aman hanya dengan mengonsusmsi makanan ini.

3. Menyerap minyak wajah

Jika produksi minyak sudah berlebihan ini tentu akan memunculkan banyak masalah pada kulit. Produksi minyak oleh kelenjar minyak pada wajah bertujuan untuk melembabkan wajah. Masalah kulit yang umumnya muncul akibat produksi minyak berlebihan pada wajah seprti jerawat, komedo hitam serta komedo putih. Klepon memilki kandungan senyawa vitamin c yang alami baik untuk menyerap minyak berlebihan pada wajah.

4. Mengurangi noda hitam

Jika anda memiliki noda hitam di wajah yang menggangu penampilan. Noda hitam di wajah ini dapat disebabkan oleh dua faktor salah memilh kosmetik, kosmetik yang tidak cocok untuk kulit dapat mengakibatkan muncunlya noda hitam di wajah. Untuk mencegah serta mengurangi noda hitam pada wajah cobalah bahan alami seperti mengonsusmi klepon.

5. Mengobati rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang umum di derita oleh seseorang. Bagi anda yang saat ini lagi terserang rematik. Sangat di sarankan untuk mengonsumsi klepon hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan untuk mengobati rematik.

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat klepon cukup berperan menjaga kesehatan tulang. Menurut penelitian kandungan mangan dalam makanan ini juga mampu membuat proteoglikan. Proteoglikan merupakan salah satu sejenis protein yang diperlukan untuk menjaga tulang rawan serta jaringan tulang lainya agar tetap sehat.

7. Mengatur aktifitas hormon tiroid

Kandungan yang ada di dalam klepon memilki senyawa selenium yang bermanfaat untuk kelenjar tiroid dengan cara mengatur aktifitas hormond tiroid serta membantu pembuluh darah berfungsi dengan baik.

8. Membantu menangkal radikal bebas

Senyawa selenium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh yang banyak terkandung dalam klepon. Senyawa ini bersifat sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

9. Sumber antioksidan

Ternyata klepon ini memilki sumber antioksidan yang sangat baik sekali untuk tubuh sehingga bisa menangkal radikal bebas serta menghindarkan dari berbagai macam jenis penyakit terutama kanker yang disebabkan oleh radikla bebas.

10. Melancarkan sistem pencernaan

Klepon memiliki senyawa niacin yang membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan sistem pencernaan yang lancar akan membuat tubuh terhindar dari berbagi macam jenis penyakit pencernaan seperti sembelit.

Artikel ini telah tayang di https://www.khasiat.co.id/makanan/klepon.html dengan judul 10 Manfaat dan Khasiat Klepon untuk Kesehatan

SUMBER:

https://www.khasiat.co.id/makanan/klepon.html




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment