10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Bunga Kembang Telang Putih bagi Tubuh
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 18:29:38 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Bunga Kembang Telang Putih bagi Tubuh

Gambar : SUMBER: di https://www.khasiat.co.id/bunga/kembang-telang-putih.html


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Kembang telang putih merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang banyak di jumpai di hutan maupun di pekarangan rumah penduduk yang biasanya di gunkan sebagai tanman hias. Selain itu, bunga ini dapat di manfaatkan untuk beraneka ragam keperluan seperti pewarna makanan, kue, maupun sebagai bahan dasar pembuatan minum.

Berbicara tentang bunga ini pada umumnya memiliki bunga yang berwarna putih. Namun, sebenarnya bunga ini juga memiliki fariasi warna lain seperti biru terang, pink, dan warna ungu. Selain itu, bunga ini memiliki kandungan senyawa yang baik di konsumsi sebagai kesehatan tubuh seperti, flavanoid, ca-oksalat, sulfur, saponin, fenol, alkaloid, dan juga banyak yang lainya. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat kembang telang putih ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Mengobati sakit telinga

Khasiat kembang telang putih yang pertama memiliki manfaat untuk mengobati telinga. Maka, dari itu anda bisa memanfaatkan kembang ini untuk mengatasi gannguan yang terjadi pada bagian telinga. Caranya sangat mudah sekali hanya mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helai daun telang serta di campurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit.

2. Mengobati gangguan penglihatan

Khasiat dari kembang ini telah di percaya mampu membantu penglihatan lebih cerah. Selain itu, secara tradisional manfaat kembang telang banyak di gunakan oleh kalangan masyarakat sebagai obat gangguan penglihatan.

3. Untuk mencuci darah

Anda bisa memanfaatkan akar dari kembang telang putih yang di rebus lalu minum secara rutin, jika anda memiliki darah kotor. Hal ini di sebabkan karena darah yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti bisul.

4. Mengobati bisul

Bagia anda yang mempunyai bisul, pada bagian tubuh bunga ini dapat mengatasi secara alami, salah satunya dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari kembang ini yang di tumbuk bersama dengan gula jawa. Kemudian, pergunakanlah hasil tumbukan sebagai obat balur pada bagian tubuh yang terkena bisul.

5. Sebagai bahan pewarna makanan

Selain untuk mengobati bisul, kembang telang juga memilki berbagai manfaat lainya seperti di gunakan untuk memberikan warna pada makanan.

6. Sebagai pelengkap dalam persembahyangan

Manfaat kembang telang biasanya juga di gunakan sebagai perlengkapan untuk melakukan ritual persembahyangan oleh masyarakat bali. Hal ini di sebabkan karena untuk menghiasi canang-canag tempat sesajen.

7. Untuk mengobati bronchitis

Bronchitis merupakan salah satu penyakit infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau broncus, yang menyebabkan terjadi peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut. Oleh karena itu, jika anda mengalami hal tersebut, salah satu cara untuk mengatasinya konsumsilah bunga ini karena bunga ini telah di percaya bahwa memiliki peranan untuk mengobati bronchitis

8. Mengobati batuk

kembang telang putih ini yang terletak pada akarnya juga dapat di gunakan dalam pengobatan ramuan herbal seperti untuk menyembukan gangguan batuk. Selain itu, rempah bubuk akar ini bisa juga di gunakan untuk menyembuhkan penyaklit sesak nafas yang menimpa seseorang.

9. Untuk mengatasi gangguan seksual pada wanita

Kembang ini juga dapat di gunakan sebagai ramuan herbal yang telah di percaya bahwa mampu mengobati gangguan seksual pada kaum wanita seperti masalah menstruasi maupun infertilitas.

10. Untuk detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan salah satu lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan biotransformasi, distribusi, dan molekul toksi. Oleh karena itu, bagi anda yang tidak menjaga pola makan, di dalam organ tubuh anda akan mengandung berbagai macam racun yang bisa membunuh anda. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda mengonsumsi kembang ini, hal ini di sebabkan karena kembang ini telah di percaya bahwa memiliki kandungan detoksifikasi di dalamnya.

Artikel ini telah tayang di https://www.khasiat.co.id/bunga/kembang-telang-putih.html dengan judul: 14 Manfaat dan Khasiat Bunga Kembang Telang Putih untuk Kesehatan

SUMBER: di https://www.khasiat.co.id/bunga/kembang-telang-putih.html

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment