10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Biji Cempedak bagi tubuh (Ciwadak)
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 18:28:51 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Biji Cempedak bagi tubuh (Ciwadak)

Gambar : dok. cookpad.com


10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Biji Cempedak bagi tubuh

KANGJO.NET, Kelua tabalong. Biji cempedak sering digunakan untuk diolah menjadi bahan tepung. Bentuk biji ini bulat dan cukup besar dengan warna putih pada bagian dalamnya. Jika Anda ingin menggunakan biji cempedak sebagai tepung, Anda perlu mengupas kulit coklatnya. Biji cempedak juga sering dijadikan camilan sehat karena rasanya yang cukup enak. Selain itu, kandungan nurtisi biji ini dapat membantu Anda untuk membuat tubuh lebih sehat dan juga kuat tanpa perlu repot mengonsumsi makanan yang mahal.

Biji cempedak mengandung lebih banyak karbohidrat dan juga protein yang lebih besar dari gandum maupun nasi. Jika Anda ingin menaikan berat badan, maka ada baiknya Anda mengonsumsi biji ini dengan manfaat sehatnya. Bagaimana cara mengonsumsi biji cempedak agar kandungannya tidk berkurang? Anda dapat merebus biji ini sampai empuk kemudian mengupas kulitnya. Akan lebih sehat jika mengonsumsi biji putih ini tanpa campuran apapun dan hindarilah menggorengnya.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat biji cempedak, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan biji ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Mencegah depresi

Manfaat biji cempedak yang pertama yaitu menjadi makanan yang dapat mencegah depresi. Hal ini didapat dari kandungan proteinnya yang tinggi karena salah satu khasiat protein yaitu membuat tubuh dan pikiran Anda terbebas dari depresi.

2. Menyehatkan sel tubuh

Khasiat biji cempedak dengan kandungan proteinnya juga mampu menyehatkan sel tubuh. Sel tubuh Anda akan dengan lebih mudah dan cepat melakukan regenerasi sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga, terutama dari serangan sel kanker yang muncul dari rusaknya sel.

3. Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat biji cempedak untuk tubuh Anda dengan kandungan nutrisi berupa protein akan menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Jika Anda mempunyai metabolisme yang tidak baik, Anda disarankan untuk mengonsumsi biji ini dengan rutin.

4. Meningkatkan fungsi imun tubuh

Khasiat biji cempedak mampu meningkatkan fungsi imun pada tubuh. Sistem imun yang sehat dapat mencegah serangan penyakit yang akan menyerang tubuh Anda, terutama serangan dari penyakit yang mudah sekali menular dari virus, bakteri, dan kuman.

5. Sumber tenaga

Manfaat biji cempedak sebagai makanan adalah menjadi sumber tenaga alami yang berasal dari tumbuhan. Biji sehat ini akan menambah energy ke tubuh Anda sehingga tidak menjadikan tubuh Anda cepat lemas maupun keletihan ketika menjalani aktivitas setiap hari.

6. Menjaga berat badan

Selain protein, biji cempedak mengandung banyak karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar. Biji ini akan membuat berat badan Anda tetap stabil dengan kandungan karbohidratnya jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Berat badan yang stabil tidak akan dengan mudah naik dengan drastic.

7. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung ternyata bisa Anda dapatkan hanya dengan mengonsumsi biji cempedak. Biji ini mengandung banyak kandungan karbohidrat alami yang akan meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih baik tanpa terserang penyakit.

8. Menyehatkan otak

Manfaat biji cempedak akan menjadikan otak Anda lebih sehat. Kandungan senyawa yang menyehatkan dalam biji ini dapat mengatasi penurunan kinerja otak sehingga baik dikonsumsi untuk anak-anak yang masih menjalani tumbuh kembang pada tubuhnya.

9. Mencegah penyakit pada otot tubuh

Otot tubuh dapat terjangkit beberapa penyakit jika tidak dijaga kesehatannya. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk biji cempedak. Biji ini akan membuat otot Anda sehat dan tidak sering terkena gejala kram maupun kaku.

10. Menyehatkan pencernaan

Jika Anda sering mengalami sembelit dan rasa mulas pada perut, itu pertanda bahwa tubuh Anda mempunyai permasalahan pada pencernaan. Cobalah untuk mengonsumsi biji cempedak dalam rangka membentuk sistem pencernaan yang sehat.

Artikel ini telah tayang di https://www.khasiat.co.id/biji/biji-cempedak.html

Dengan judul : 15 Manfaat dan Khasiat Biji Cempedak untuk Kesehatan

SUMBER:

https://www.khasiat.co.id/biji/biji-cempedak.html




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment