10 Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna Sirip Kuning Untuk Kesehatan
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 11 Jun 2021, 13:03:02 WIB daging
10 Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna Sirip Kuning Untuk Kesehatan

Gambar : dok.kajianpustaka.com


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Ikan Tuna Sirip Kuning atau Yellowfin Tuna adalah jenis Tuna yang memiliki sirip berwarna kuning. Ikan ini sangat cantik dan membedakan dirinya dengan tuna jenis lain melalui tubuhnya. Kalau di ikan tuna yang lainnya tidak ditemukan cerat kuning ini. Sebagaimana jenis tuna yang lain, ikan ini pun mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan manusia.

Adapun ikan Tuna Sirip Kuning mengandung asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, sehingga harus dipasok dari luar. Asam lemak ini berfungsi untuk mengaktifkan hormon-hormon dan membantu kerja organ tubuh lainnya agar lebih maksimal. Berikut di bawah ini adalah manfaat Ikan Tuna Sirip Kuning yang harus anda ketahui:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning tidak hanya menjaga kelembaban indra peraba manusia saja, tetapi juga membuang racun dalam tubuh sehingga senantiasa terjaga kesehatannya dan menghidrasi sel-sel, mengangkat kotoran serta meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, sehingga kulit menjadi lebih segar dan cerah sepanjang hari.

2. Manfaat Ikan Tuna Sirip Kuning untuk Membantu Detoksifikasi Tubuh

Racun yang mengendap pada bagian pencernaan, khususnya limpa, hati dan ginjal bisa dibuang dan dihilangkan dengan mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning secara teratur dalam jumlah yang tepat, maka organ tersebut akan dapat bekerja lebih optimal.

3. Meringankan Penyakit Batuk Kronis

Batuk kronis merupakan jenis batuk yang sudah parah, terjadi pembengkakan pada tenggorokan dan biasanya meneluarkan lendir atau riak. Apabila melelan makanan akan terasah sakit, dan dibarengi dengan suara serak, selain itu akan sangat menguras tenaga sekali. Untuk itu anda perlu mengonsumsi ikan tuna sirip kuning, berkhasiat meringankan penyakit tersebut.

4. Mengobati Rabun Jauh

Rabun jauh atau miopia adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang dekat terlihat jelas sementara objek yang jauh terlihat kabur. Umumnya mulai dirasakan oleh penderitanya pada masa kanak-kanak hingga usia sekolah. Gejala yang muncul antaralain yaitu kesulitan melihat huruf di papan tulis, sakit kepala karena mata bekerja secara berlebihan, frekuensi mengedipkan mata yang berlebihan, dan sering menggosok mata. Untuk itu rutinlah mengonsumsi ikan tuna sirip kuning untuk mengatasinya.

5. Manfaat Ikan Tuna Sirip Kuning untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun merupakan suatu sistem dalam tubuh yang terdiri dari sel-sel serta produk zat-zat yang dihasilkannya, yang bekerja sama secara kolektif dan terkoordinir untuk melawan benda asing seperti kuman-kuman penyakit atau racunnya, yang masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu anda perlu mengkonsumsi ikan tuna sirip kuning.

6. Meringankan Gejala Penyakit Aterosklerosis

Aterosklerosis sering mempengaruhi tungkai terlebih dahulu, berkembang perlahan-lahan, memburuk seiring bertambahnya usia, dapat mulai berkembang selama dewasa tapi tanda-tanda atau gejala tidak jelas terlihat sampai arteri yang tersumbat memotong pasokan darah yang memadai ke otot dan jaringan. Beberapa gejala yang timbul antara lain nyeri otot, kehilangan rambut pada kaki, dan mati rasa pada kaki. Namun jangan khawatir karena ikan tuna sirip kuning mampu meringankan gejalanya.

7. Rendah Lemak

Di dalam tubuh kita, lemak berasal dari bahan makanan merupakan penghasil kalor terbesar sebagai pembangun bagian-bagian sel serta pelarut vitamin-vitamin dan zat-zat tertentu. Apabila berlebihan maka akan menimbulkan kelebihan berat badan atau gendut. Ikan tuna sirip kuning rendah lemak, dan sangat bagus untuk rutin di konsumsi.

8. Cocok Untuk Membantu Diet Sehat

Karena ikan tuna sirip kuning rendah lemak, maka cocok sekali untuk membantu diet sehat. Selain memperbagus bentuk tubuh apabila di konsumsi secara rutin, tuna sirip kuning juga bisa menjaga dan memperhalus kulit karena mengandung omega 3.

9. Khasiat Ikan Tuna Sirip Kuning untuk Mengatasi Masalah Sembelit

Ikan tuna sirip kuning merupakan jenis ikan yang mudah dicerna, dan sangat baik untuk pencernaan, bisa digunakan untuk mengatasi sembelit. Perut tidak akan sakit atau mudah keluar ketika anda buang air besar.

10. Meningkatkan Selera Makan Anak

Bagi anda yang mempunyai anak kalau disuruh makan susah sekali, inilah salah satu cara yang tepat agar buah hati seleranya meningkat yaitu dengan memasakan ikan tuna sirip kuning, selain rasanya lezat, ikan ini juga mengandung banyak gizi dan vitamin.

Artikel ini telah tayang di https://www.khasiat.co.id/ikan/tuna-sirip-kuning.html

Dengan judul: 10 Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna Sirip Kuning Untuk Kesehatan

 

SUMBER;

https://www.khasiat.co.id/ikan/tuna-sirip-kuning.html

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment