10 Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus (Haruan) untuk Kesehatan
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 05 Des 2023, 10:34:39 WIB daging
10 Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus (Haruan) untuk Kesehatan

Gambar : sumber: KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan)


 

KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Ikan Gabus atau Haruan (bahasa Banjar) merupakan jenis manfaat ikan air tawar yang dapat ditemukan di sungai, rawa, danau, bahkan sawah. Habitat ikan ini memang mudah ditemukan, sehingga sangat populer di kalangan masyarakat. Di daerah Banyumas, Jawa Tengah, ikan ini dijuluki sebagai ikan Bogo, karena bentuknya bogem alias besar. Memang konon Gabus dapat tumbuh hingga sepanjang 1 meter.

Oleh karena pertumbuhannya yang besar dibanding jenis ikan lain, Ikan Gabus seringkali ditangkap dan diperjual-belikan di pasar. Daging ikan ini tebal dan bila digoreng rasanya sangat gurih. Tapi sayangnya Gabus tidaklah semurah Ikan Lele, harga per kilogramnya bisa mencapai Rp60.000- Rp70.000. Tentu saja ini membuat masyarakat jadi berpikir dua kali untuk membelinya. Mereka lebih pilih Lele yang cuma Rp17.000-Rp20.000/kg.


Padahal jika menilik pada manfaat dan khasiatnya, Ikan Gabus memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Dalam tiap 100 gram daging Gabus, mengandung 69 kalori. Lemaknya hanya 1,7 gram. Dan kalsiumnya mencapai 62 gram. Selain itu, ternyata kadar proteinnya juga sangat tinggi, yaitu: 25,5%. Kadar protein ini mengalahkan ikan Kakap yang cuma 20%. Sungguh ikan ini memang sangat bermanfaat dan berkhasiat, rugi bila tidak memakannya. Berikut adalah penjelasan manfaat dan khasiat ikan Gabus untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kadar Albumin di dalam Darah

Manfaat dan Khasiat ikan gabus yang paling utama adalah untuk meningkatkan kadar Albumin di dalam darah. Albumin merupakan sebuah protein yang terkandung di dalam jaringan plasma. Fungsinya untuk mengikat kandungan air di dalam darah agar tidak bocor. Penyakit akibat kekurangan Albumin contohnya yaitu: kaki bengkak. Dengan banyak makan daging Gabus, niscaya kaki bengkak bisa sembuh.

2. Mempercepat Pembentukan Sel Baru Sehingga Luka Cepat Sembuh

Penyembuhan luka menjadi lambat biasanya karena jaringan kulit seseorang terlalu lembab atau rendahnya trombosit. Protein Albumin yang terkandung di dalam ikan ini bisa mempercepat pertumbuhan sel baru, sehingga luka pun sembuh.

3. Menambah Pasokan Energi, Sehingga Tubuh Tidak Lemas

Khasiat Ikan Gabus juga tampak pada fungsinya untuk menambah pasokan energi di dalam tubuh. Ikan ini kadar kalorinya tinggi. Makan satu kilogram saja sudah setara 2 piring nasi atau sekitar 690 KkaL. Tentu saja ikan bogo alias gabus ini bisa membuat tubuh tidak lemas lagi.

4. Memperbesar Otot

Banyak orang ingin memiliki otot yang besar dan kuat. Body Building senantiasa dilakukan dengan jalan olahraga. Untuk memperbesar otot dalam rangkaian acara Body Building tentu membutuhkan pasokan nutrisi yang baik. Nah, anda bisa mencoba segudang manfaat Ikan Gabus. Cobalah makan ikan ini, karena proteinnya rendah lemak. Sehingga otot terbentuk sempurna, kuat, tidak kendur.

5. Meningkatkan Berat Badan

Satu-satunya cara menggemukkan badan adalah dengan banyak makan. Banyak makan protein hewani sangat bagus dalam rangka meningkatkan berat badan. Kombinasi karbohidrat dan protein dapat memicu pertumbuhan sel. Namun hati-hatilah terhadap lemak alias kolestrol jahat. Nah, ikan Gabus memiliki khasiat meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.

6. Mendorong Pertumbuhan Tulang dan Gigi Secara Maksimal

Kalsium dan Fosfor merupakan dua mineral yang amat dibutuhkan tubuh manusia agar dapat mencapai pertumbuhan tulang dan gigi secara maksimal. Ikan Gabus mengandung banyak kalsium (60 mg/100 gram) dan fosfor (70 mg/100 gram). Maka dari itu, daging Gabus cocok dimakan balita dan lansia, agar pertumbuhan dan kepadatan tulang mereka maksimal terjaga.

7. Meningkatkan Imun atau Daya Tahan Tubuh

Imun atau daya tahan tubuh seseorang bisa tercapai bila ia memperhatikan pola makan dan pasokan nutrisi dalam tubuh. Salah satu vitamin yang sangat berguna untuk imun yaitu Vitamin B1. Ternyata vitamin B1 juga terkandung di dalam manfaat Ikan Gabus.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Bila ingin mata menjadi sehat, banyak-banyaklah konsumsi vitamin A. Ternyata ikan Gabus juga bermanfaat untuk memasok vitamin A ke dalam tubuh. Di dalam 100 gram daging ikan gabus, terdapat 150 mg Vitamin A. Tentu saja ini amat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

9. Menjadi Sumber Kalori yang Baik Bagi Pengidap Diabetes Mellitus

Pengidap Diabetes Mellitus kerap bingung harus makan apa untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari-harinya. Makan nasi saja tidak boleh karena bisa meningkatkan kadar gula darah. Penyakit yang dijuluki penyakit gula ini memang cukup merepotkan. Tapi mulai sekarang anda tidak perlu khawatir, karena khasiat Ikan Gabus ternyata juga sebagai sumber kalori bagi pengidap Diabetes Mellitus. Kadar kalorinya yang tinggi bisa menggantikan nasi.

10. Menjadi Sumber Protein yang Sangat Baik untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Perempuan yang sedang hamil sering direkomendasikan untuk banyak makan protein hewani seperti ati ayam, ikan, dan telur. Dari sekian banyak ikan air tawar, Ikan Gabus memiliki banyak manfaat dan khasiat. Proteinnya sangat tinggi dan bagus untuk pertumbuhan rahim Ibu dan janin.

artikel telah tayang di https://www.khasiat.co.id/ikan/gabus.html dengan judul 10 Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus untuk Kesehatan

SUMBER: 

https://www.khasiat.co.id/ikan/gabus.html




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment