10 Manfaat dan Khasiat Getuk untuk Kesehatan
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 02 Jun 2021, 20:07:02 WIB makanan
10 Manfaat dan Khasiat Getuk untuk Kesehatan

Gambar : SUMBER: https://www.khasiat.co.id/makanan/getuk.html


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Getuk merupakan salah satu makanan tradisional yang berbahan singkong. Tentu, anda sudah kenal dengan makanan ini karena makanan ini sudah tidak asing diteling dan mudah dijumpai dipasaran. Makanan ini umumnya mempunyai berbagai jenis warna dan biasanya dikemas dalam kotak plasticksehingga tampak dari luar makanan ini terlihat cantik dan menarik. Kemudian makanan ini juga tak kalah menyehatkan dengan makanan lainnya. Makanan ini kaya akan kandungan karbohidrat di dalamnya. Kandungan karbohidrat yang tinggi diperoleh dari dari bahan umbi-umbian dan singkong yang diproses dan olah menjadi getuk.

Banyak yang mengira kalau makanan ini berserat dan susah untuk dicerna, selain itu banyak yang mengaggap makanan ini ndeso atau kampung namun tidak banyak yang mengetahui jika makanan ini justru sangat baik untuk kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Dengan cita rasanya yang manis dan gurih maka tak heran jika makanan ini banyak digemari oleh masyarakat. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat getuk ini, berikut inilah manfaatnya.


1. Mendukung fungsi pencernaan

Khasiat getuk yang pertama dapat membantu mendukung fungsi pencernaan. Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalamnya akan bermanfaat untuk membantu proses pencernaan baik dalam usus besar maupun usus kecil. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini akan mencegah gangguan pada pencernaan.

2. Mengendalikan berat badan

Jika memiliki bentuk tubuh yang gemuk maka anda bisa rajin mengkonsumsi getuk ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu mengandalikan berat badan sehingga makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Sebagai sumber energi

Tanpa adanya sumber energi maka tubuh akan merasa lemas dan tidak bisa bergerak. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi getuk ini sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Untuk mencegahnya anda bisa melakukan dengan rutin mengkonsumsi getuk. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu mencegah penyakit diabetes.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung maka, anda bisa dengan rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam getuk berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Mencegah kerusakan jaringan otot

Manfaat lainnya dari getuk juga mampu mencegah kerusakan pada jaringan otot. Tentu, hal ini akan membahayakan kondisi tubuh anda. Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu mencegah kerusakan jaringan otot.

7. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Dengan rajin mengkonsumsi makanan ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya akan membuat tubuh bisa menyerap nutrisi sesuai dengan kebutuhan harian anda sehingga hal ini akan menjadikan tubuh tidak kekurangan kandungan nutrisi.

8. Mengatur kadar gula dalam darah

Mengkonsumsi getuk juga sangat berkhasiat untuk mengatur kadar gula dalam darah. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya berperan untuk mengatur keseimbangan kadar gula darah sehingga makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

9. Mencegah radikal bebas

Adanya radikal bebas dalam tubuh akan menyebabkan munculnya resiko penyakit kanker. Untuk mencegah radikal bebas anda bisa mengkonsumsi getuk ini. Kandungan yang terdapat di dalamnya berguna untuk menghilangkan radikal bebas sehingga kondisi tubuh akan tetap sehat.

10. Mendukung fungsi otak

Untuk mendukung fungsi otak agar bisa bekerja dengan baik maka anda hanya perlu rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam getuk ini berguna untuk mendukung dan mengembangkan fungsi otak.

SUMBER: https://www.khasiat.co.id/makanan/getuk.html




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment