10 manfaat Bawang Putih bagi Tubuh Kita
Herbal

By JUMAKIR, S Pd., MM 29 Mei 2023, 18:29:55 WIB Kesehatan
10 manfaat Bawang Putih bagi Tubuh Kita

Gambar : dok.google.co.id


KANGJO.NET, Kelua, Tabalong. Seperti yang telah dilansir https://www.siloamhospitals.com dengan judul: Ini Dia 10 Manfaat Makan Bawah Putih Mentah bagi Tubuh. Bawang putih merupakan salah satu bumbu memasak yang wajib ada dalam setiap makanan Indonesia. Namun, sudahkah Anda tahu apa manfaat makan bawang mentah bagi tubuh tanpa dicampur dengan makanan?

Ya, rupanya makan bawang mentah cukup memberikan manfaat baik bagi tubuh. Jika Anda belum memahaminya, mari simak ulasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi pada Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu umbi-umbian yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, tahukah Anda bahwa bawang putih ternyata bisa memberikan manfaat lebih beragam dengan dimakan mentah?

Manfaat baik tersebut sebagian besar didapatkan dalam beberapa kandungan bawang putih, di antaranya serat, protein, mangan, vitamin C, selenium, kalsium dan antioksidan.

Manfaat makan bawang putih mentah juga diperoleh dari senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

Cara makan bawang putih mentah mungkin tidak biasa bagi beberapa orang, padahal manfaatnya cukup banyak lho.

Lantas, apa manfaat makan bawang putih mentah? Berikut penjelasannya.

 

1. Mengendalikan Tekanan Darah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek bawang putih mentah terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik hampir sama dengan obat atenolol.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan allicin. Selain itu, kandungan polisulfida dalam bawang putih mampu memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa menurun.

2. Menurunkan Kolesterol

Selanjutnya, khasiat makan bawang putih mentah ternyata dapat menurunkan kolesterol.

Hal ini ditemukan dalam suatu penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan allicin dari bawang putih mampu menghambat enzim yang membentuk kolesterol.

Dan uniknya, kandungan allicin yang memiliki segudang manfaat tersebut hanya bisa didapatkan apabila Anda mengonsumsi bawang putih dengan ditumbuk, dihancurkan, atau dikunyah.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih mengandung sulfur aktif yang dipercaya dapat mengatasi risiko pembentukan sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya.

Suatu penelitian menemukan bahwa manfaat makan bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, pankreas, kerongkongan, prostat, hingga payudara.

4. Meningkatkan Kinerja Fisik

Manfaat makan bawang putih mentah yang satu ini sudah diterapkan sejak zaman dahulu.

Umbi-umbian ini diyakini mampu mengurangi kelelahan serta meningkatkan kinerja dan kapasitas fisik.

Kala itu, bawang putih digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik pekerja serta atletik pada Olimpiade Yunani Kuno.

5. Mengatasi Jerawat

Lagi-lagi, kandungan allicin dalam bawang putih mentah yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiseptik, dan antivirus rupanya mampu membunuh kuman penyebab jerawat.

Selain itu, sifat-sifat baik tersebut juga berpotensi meringankan pembengkakan dan peradangan kulit sekaligus meningkatkan sirkulasi darah yang membuat kulit tampak cerah merona.

Bawang putih juga diperkaya dengan vitamin C, vitamin B6, seng, tembaga, dan selenium yang bermanfaat mengendalikan produksi minyak berlebih.

Kandungan mineral dan vitamin pada bawang putih juga dapat membantu membasmi jerawat.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menemukan bahwa turunan karbohidrat pada bawang putih atau dikenal dengan FruArg mampu melindungi sel-sel otak terhadap efek penyakit dan penuaan.

Selain itu, FruArg juga berpotensi mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia dalam otak selama berperang melawan peradangan dan stres oksidatif.

Pasalnya, kadar oksida nitrat yang berlebihan dalam otak disebut dapat menyebabkan kerusakan sel otak.

Sementara, sel mikroglia memiliki peran cukup penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf pada tubuh.

Nah, manfaat makan bawang putih mentah yang didapatkan dari FruArg mampu memperbanyak sel mikroglia tanpa mendorong produksi kadar oksida nitrat dalam otak, sehingga keduanya berjalan seimbang.

7. Melawan Radang, Batuk dan Pilek

Manfaat makan bawang putih mentah selanjutnya adalah mengobati flu, radang, dan batuk. Manfaat tersebut dihasilkan oleh senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang putih dikunyah atau dihancurkan.

Apabila Anda sedang mengalami gejala flu, cara makan bawang putih mentah dipercaya mampu mengurangi keparahan gejalanya dan memacu kesembuhan lebih cepat.

8. Memperkuat Tulang

Di antara keluarga bawang lainnya, bawang putih diyakini paling efektif untuk menghambat pengeroposan yang menyebabkan kerapuhan tulang.

Flavonoid yang didapat dari manfaat makan bawang putih mentah mampu meningkatkan pembentukan tulang sekaligus memperlambat pengeroposan mineral tulang.

Cara Makan Bawang Putih Mentah yang Benar

Agar manfaat bawang putih seperti di atas dapat Anda peroleh dengan maksimal, maka Anda disarankan mengonsumsi bawang putih secara mentah-mentah.

Mengolah bawang putih menjadi bumbu makanan justru akan mengurangi zat gizi penting di dalamnya.

Maka dari itu, akan lebih baik bila Anda mengunyah secara mentah-mentah dengan frekuensi 1-4 siung setiap hari.

Namun, efek samping makan bawang putih mentah juga perlu diperhatikan oleh orang yang sedang mengonsumsi beberapa obat berikut:

- Isoniazid

- Mengonsumsi pil KB

- Obat HIV/AIDS

- Obat antinyeri

- Obat pengencer darah

Jadi, apabila Anda ingin mengonsumsi bawang putih dengan tujuan pengobatan, maka ada baiknya langsung berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat makan bawang putih mentah bagi tubuh. Meski bawang putih belum biasa dikonsumsi secara mentah, namun jangan abaikan manfaat baiknya, jadi, tidak ada salahnya Anda memulai hidup sehat dengan mengonsumsinya.

Selain mengoptimalkan asupan nutrisi pada makanan, dalam menjaga kesehatan tubuh, tidak ada salahnya Anda melakukan pemeriksaan rutin.

SUMBER: https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-makan-bawang-putih-mentah




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment